Polines Terima Hibah 6 Mesin ICE dari Wuling Motors

Guna menunjang sarana praktik mahasiswa, Politeknik Negeri Semarang (Polines) mendapat hibah 6 (enam) mesin ICE (Internal Combustion Engine) dari Wuling Motors. Hal itu ditandai dengan penandatanganan kerjasama Polines dengan PT SGMW Motor Indonesia atau lebih dikenal dengan Wuling Motors. Acara penandatanganan oleh Dr. Eni Dwi Wardihani (Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Humas dan Sistem Informasi Polines) dan Arif Pradana Vice President PT SGMW Motor Indonesia, berlangsung di Greenland International Industrial Center (GIIC), Blok BA No. 1, Deltamas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Selasa 2 Juli 2024.

Usai acara penandatangan dilanjutkan dengan serah terima hibah 6 (enam) mesin ICE (Internal Combustion Engine) dari Wuling Motors. Dalam sambutannya, Arif Pradana, Vice President PT SGMW Motor Indonesia menyampaikan bahwa hibah tersebut merupakan bentuk kepedulian PT SGMW MOTOR INDONESIA untuk Pendidikan. “Dengan program “Wuling Bakti Pendidikan, “ ungkapnya.

Sedangkan Eni Dwi Wardihani (Wakil Direktur Bidang Kerjasama, Humas dan Sistem Informasi Polines) menyampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Wuling Motors. “Hibah ini sangat bermanfaat bagi Polines untuk mengembangkan metode pembelajaran Project Based Learning (PBL),” jelasnya.

Mahasiswa dapat langsung menggunakan alat tersebut untuk praktikum menyelesaikan project terkait mesin mobil. Hal ini tentunya akan dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa. Polines juga berharap, lanjut Eni, kerjasama ini tidak hanya berhenti sampai disini tetapi juga terus ditingkatkan dengan kerjasama lainnya seperti kerjasama magang, kerjasama dosen industri dan kerjasama lainnya sehingga sejalan dengan moto Polines “Berkolaborasi Bersama Membangun Negeri “.

Ketua Jurusan Teknik Mesin Polines, Abdul Syukur Alfauzi yang turut hadir dalam penyerahan mesin ini, menyampaikan bahwa hibah ini sangat bermanfaat untuk mendukung praktikum di laboratorium di jurusan teknik mesin. “Hibah mesin ini mendukung praktikum mahasiswa di laboratorium,” jelasnya.

Kedatangan hibah 6 (enam) mesin ICE (Internal Combustion Engine) dari Wuling Motors di kampus Polines diterima langsung oleh Kepala Laboratorium Perawatan dan Perbaikan Jurusan Teknik Mesin Polines, Padang Yanuar. Ia menyampaikan rasa syukurnya atas kedatangan mesin ICE (Internal Combustion Engine) sebanyak 6 unit tersebut. “Hibah mesin ini bisa menjadi sarana pendukung dalam proses belajar mengajar di kampus Polines,” ungkapnya.

Padang menjelaskan, meski proses belajar mengajar di laboratorium yang dikelolanya berfokus pada perawatan dan perbaikan mesin industri, mahasiswa juga diberikan sebagian materi terkait pengetahuan otomotif. Dengan datangnya mesin hibah dari Wuling Motors ini, tentunya menambah variasi pembelajaran bagi mahasiswa. “Karena mahasiswa perlu dibekali dasar-dasar terkait otomotif”, jelasnya.

Kendati belakangan ini electric vehicle (EV) tengah menjadi pembahasan hangat, Padang memiliki pandangan, bahwa kendaraan berbahan bakar bensin atau pun solar masih dibutuhkan dalam tahun-tahun kedepan. “Pembelajaran terkait mesin ICE masih relevan untuk waktu-waktu mendatang”, pungkasnya.(jul/jul)

Gulir ke Atas