Melihat Science Project Pelajar dan Mahasiswa di Indonesia International Invention Expo

PELAJAR dan mahasiswa menggelar hasil kreativitas di Indonesia International Invention Expo. Kompetisi science project yang diadakan oleh Indonesian Young Scientist Asscociation itu digelar di Politeknik Negeri Semarang, Selasa (30/4/2024). Salah satu panitia, Alfa menyebutkan, peserta karya ilmiah tingkat internasional mencapai 300 tim. Selain dari Indonesia, kegiatan ini juga diikuti peserta dari luar negeri.

‘Untuk yang pameran secara offline di Politeknik Negeri Semarang ada 71 tim. Peserta dari luar negeri mengikuti kegiatan secara online,’ kata dia.


Sebanyak 71 tim yang pameran karya ilmiah di Semarang menyajikan berbagai hasil project penelitian. Mereka dinilai oleh juri dari Indonesia dan luar negeri. Selama berpameran, banyak peserta saling bertukar pikiran. Mereka saling mendatangi stand. Pengunjung dari luar juga memadati Indonesia International Invention Expo tersebut.

Lewat kompetisi tersebut, pelajar SD hingga SMA serta mahasiswa perguruan tinggi, diharapkan bisa melakukan inovasi untuk mengembangkan jiwa kreativitas hingga tingkat internasional. Juga mengembangkan ketrampilan penelitian ilmiah dan bersemangat dalam melakukan inovasi. Dan, lewat expo bisa bertukar pengalaman penelitian, penemuan, dan inovasi antarpeserta.
‘Hasilnya bisa menjadi kebanggaan Indonesia,’ kata Alfa. (Nugroho DS)

Sumber: suaramerdeka.com

Gulir ke Atas