Pekan Literasi 2022 HME

Salah satu program kerja dari Divisi Perpustakaan Jurusan Elektro Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang yaitu Pekan Literasi 2022 yang bertema “ELEMENTARY (Electro Movement to a Journey)”.

Kegiatan Pekan Literasi 2022 dilaksanakan dengan tujuan untuk menyalurkan kemampuan sastra, meningkatkan kesadaran literasi dan memudahkan pelajar, mahasiswa, dan masyarakat dalam mencari referensi buku penunjang kuliah, sekolah, serta buku bacaan lainnya dalam bentuk lomba puisi, lomba cerpen, dan talkshow yang berjudul “Ciptakan Karsa, Lahirkan Sastra”. Kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan platform zoom.

Pekan Literasi dengan tema “ELEMENTARY (Electro Movement to a Journey)” telah dilaksanakan pada hari Minggu – Sabtu, 13 Februari – 05 Maret 2022 dengan peserta yakni mahasiswa Elektro dan masyarakat umum. Kegiatan Pekan Literasi diawali dengan membagikan pamflet coming soon pada hari Selasa, 01 Februari 2022, membagikan pamflet lomba, dan membagikan pamflet talkshow dan bazar buku pada hari Minggu, 13 Februari 2022 melalui platform Instagram.

Kegiatan Pekan Literasi 2022 di mulai dengan acara lomba menulis puisi dan lomba menulis cerpen pada hari Minggu – Senin, 13 Februari – 28 Februari 2022 pada tanggal tersebut peserta diwajibkan untuk mendaftar melalui link google form yang telah disediakan, membayar biaya pendaftaran melalui platform yang telah disediakan dan mengirimkan karya melalui email pekanliterasihme@gmail.com. Pada hari Selasa – Kamis, 01 Maret – 03 Maret 2022 dilaksanakan penilaian karya lomba menulis puisi dan cerpen.

Kegiatan bazar buku di Pekan Literasi 2022 dibuka dengan Open Pre-Order buku, yang dibuka mulai hari Sabtu, 26 Februari 2022. Pre Order buku ditutup pada hari Jumat, 04 Maret 2022. Bazar Buku di acara Pekan Literasi 2022 menawarkan berbagai macam buku, mulai dari buku penunjang sekolah maupun kuliah serta buku bacaan untuk semua kalangan. Selain membuka order pemesanan buku, diadakan pula give away yaitu pada hari Sabtu – Jumat, 26 Februari – 04 Maret 2022 melalui akun Instagram yang ditujukan kepada masyarakat umum dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Pemenang give away diumumkan pada hari Sabtu, 05 Maret 2022. Pada hari Sabtu, 05 Maret 2022 yang merupakan puncak Pekan Literasi akan diadakan acara talkshow secara online melalui platform Zoom Cloud Meeting dengan menghadirkan seorang penulis buku yaitu Brian Krisna yang didampingi seorang moderator yaitu Joan Aurelia Rumengan. Acara talkshow dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama diisi dengan pengalaman penulis dalam memulai menulis buku dan bagaimana cara menulis buku, sedangkan sesi kedua diisi dengan acara bedah buku penulis.

Acara talkshow juga diselingi dengan pengumuman pemenang lomba menulis puisi dan cerpen serta promosi Electro Charity Competition, dan Sharing Technology oleh pembawa acara. Setelah talkshow sesi kedua selesai, dilanjutkan dengan pengumuman pemenang give away dan selanjutnya MC akan menarik kesimpulan mengenai talkshow.

Gulir ke Atas