Polines Gelar Induksi Bagi Jajaran Manajemen Baru Tahun 2018

Politeknik Negeri Semarang (Polines) menggelar kegiatan induksi bagi jajaran manajemen Polines, khususnya manajemen baru periode 2018 – 2022, pada 30 April hingga 1 Mei 2018. Kegiatan yang mengambil tema Peningkatan Kapabilitas Manajerial melalui Induksi ini diikuti oleh para Wakil Direktur baru periode 2018 – 2022, para Ketua dan Sekretaris Jurusan, para Kepala Bagian dan Kepala Sub Bagian, serta para Kepala dan Sekretaris Pusat/Satuan/Unit di lingkungan Polines.

 

Dilaksanakan di Griya Persada Bandungan, tampil sebagai pemateri adalah Direktur Polines Ir Supriyadi MT, para mantan Wakil Direktur (periode 2014 – 2018) yang didampingi para pejabat atau mantan pejabat terkait, serta Ketua Satuan Pengawas Internal (SPI) Polines. Dalam sambutannya, Supriyadi menyampaikan bahwa induksi bertujuan menyamakan persepsi, semangat dan pola kerja jajaran manajemen, khususnya manajemen baru, dalam menjalankan tugas pengelolaan Polines.

 

Peserta induksi manajemen Polines tahun 2018

 

Pada sesi pertama, Direktur secara ringkas memaparkan tentang Rencana Strategis (Renstra) Polines 2015 – 2019 (Peraturan Direktur Polines Nomor 7 Tahun 2017 tentang Perubahan Peraturan Direktur Polines Nomor 1238/PL4.7.2/SK/2015 tentang Rencana Strategis Politeknik Negeri Semarang Tahun 2015-2019) serta kaitannya dengan Renstra Kementerian Ristekdikti 2015 – 2019. Pada sesi yang dimoderatori oleh Drs Royswan Isgandhi MPd (koordinator Staf Ahli Direktur) tersebut Supriyadi juga memaparkan analisis kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dihadapi Polines di masa kini dan masa depan serta strategi menghadapinya, framework pengembangan Polines 2015 – 2029, serta arah kebijakan Pimpinan.

 

Paparan materi bidang kemahasiswaan dan alumni

 

Pada sesi kedua (siang) dilaksanakan paparan bidang kemahasiswaan dan alumni. Tampil sebagai pemateri adalah Junaidi ST MT mewakili Rustono SE MM (mantan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan) yang didampingi Suharno SH (Kepala Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan) dengan Dr. Anwar Sukito Ardjo MKom (anggota Staf Ahli Direktur) sebagai moderator. Junaidi memaparkan tugas pokok dan fungsi bidang kemahasiswaan sesuai Keputusan Senat Polines Nomor 0207/PL4.5/SK/2015 tentang Pembinaan Kemahasiswaan Politeknik Negeri Semarang. Selain itu Junaidi juga memaparkan tentang perencanaan kinerja dan arah pengembangan bidang kemahasiswaan dan alumni, serta memperkenalkan Sistem Informasi Manajemen Pemeringkatan Kemahasiswaan (SIMKATMAWA) dari Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti. Sementara Suharno memaparkan strategi pelaksanaan bidang kemahasiswaan serta capaian kinerja dan prestasi mahasiswa dalam lomba-lomba yang diikuti di tahun 2017.

 

Paparan materi bidang akademik

 

Sesi berikutnya merupakan paparan bidang akademik dengan pemateri Akhmad Jamaah ST MEng (mantan Wakil Direktur Bidang Akademik), Drs Royswan Isgandhi MPd (mantan Kepala Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan) dan Trinoto Widodo SE MM (Kepala Bagian Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan dan Kerjasama) dengan moderator Sindung Hadwi Widi Sasono BSEE MEngSc (anggota Staf Ahli Direktur). Akhmad Jamaah memaparkan tugas pokok dan fungsi bidang akademik sesuai peraturan-peraturan perundangan yang berlaku; sasaran strategis dan indikator kinerja bidang akademik; capaian kinerja dalam 4 tahun terakhir; serta permasalahan yang dihadapi. Sedangkan Royswan Isgandhi memaparkan korelasi antara Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN Dikti) dengan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001 yang dimiliki dan diterapkan di Polines.

 

Paparan materi bidang perencanaan dan kerjasama

 

Sesi keempat (sore) berisi paparan bidang perencanaan dan kerjasama. Paparan disampaikan oleh Drs Kunto Purbono MSc (mantan Wakil Direktur Bidang Perencanaan dan Kerjasama), Sri Yati SE MSi (Kepala Sub Bagian Perencanaan) dan Ir Wahjoedi MT (Kepala Unit Hubungan Industri), dengan Sarono Widodo ST MKom (Sekretaris Unit Hubungan Industri) sebagai moderator. Kunto Purbono memaparkan tugas pokok dan fungsi bidang perencanaan dan kerjasama, rencana dan capaian kinerja, serta permasalahan utama yang dihadapi. Wahjoedi menyampaikan sejumlah kerjasama yang telah dijalin selama ini terutama kerjasama dengan industri. Adapun Sri Yati memaparkan skedul kegiatan tahunan terkait perencanaan kegiatan di Polines mulai bulan Desember tahun sebelumnya (T-1), selama tahun berjalan (T0), hingga bulan Januari tahun berikutnya (T+1). 

 

Paparan materi bidang pengawasan internal

 

Sesi kelima dilaksanakan seusai makan malam. Pada sesi ini disampaikan pemaparan bidang pengawasan internal oleh Satuan Pengawas Internal (SPI). Tampil sebagai pemateri adalah Rudi Handoyono SE MSi (Kepala SPI) dan Siti Mutmainah SE MSi (Sekretaris SPI) dengan Ir Mochammad Tri Rochadi MT (anggota SPI) sebagai moderator. Rudi Handoyono memaparkan tugas dan fungsi SPI sesuai peraturan perundangan yang berlaku; program kerja tahun 2018, serta permasalahan utama yang dihadapi dan solusi yang dilakukan.

 

Paparan bidang umum dan keuangan

 

Pada sesi keenam yang dilaksanakan di hari kedua, disampaikan pemaparan bidang umum dan keuangan. Tampil sebagai pemateri adalah Muhammad Noor Ardiansah SE MSi Akt (mantan Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan) dan Supanto SE MSi (Kepala Sub Bagian Keuangan) yang mewakili Purnomo SH MSi (Kepala Bagian Umum dan Keuangan) dengan moderator Sri Yati SE MSi. Muhammad Noor Ardiansah memaparkan tentang tugas dan fungsi bidang; komunikasi dan koordinasi; renstra bidang dan capaian kinerja; permasalahan utama dan solusi yang dilakukan; serta keberlanjutan pelaksanaan tugas di bidang umum dan keuangan. Adapun Supanto memaparkan lingkup kerja Bagian Umum dan Keuangan yang meliputi Sub Bagian Tata Usaha, Sub Bagian Kepegawaian, dan Sub Bagian Keuangan. Secara lebih khusus, Supanto menyampaikan tentang strategi dan pelaksanaan program Reformasi Birokrasi (RB) di Polines baik dalam kerangka makro maupun mikro, serta pelaksanaan layanan keuangan.

 

Peserta induksi berfoto bersama usai acara

 

Selain dihadiri oleh Direktur dan para Wakil Direktur, induksi ini diikuti oleh hampir seluruh jajaran manajemen Polines saat ini yaitu Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Sipil, Ketua dan Sekretaris Jurusan Teknik Mesin, Sekretaris Jurusan Teknik Elektro, Ketua dan Sekretaris Jurusan Akuntansi, serta Ketua dan Sekretaris Jurusan Administrasi Bisnis. Juga Kepala Bagian Akademik Kemahasiswaan Perencanaan dan Kerjasama, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan, Kasubag Perencanaan, serta Kasubag Keuangan. Hadir pula Ketua dan Sekretaris Senat Akademik, Kepala dan Sekretaris Pusat Pengembangan Pembelajaran, Kepala dan Sekretaris Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan, Kepala dan Sekretaris Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dari jajaran unit pelaksana teknis, tampak hadir Kepala dan Sekretaris UPT Perpustakaan, Kepala dan Sekretaris UPT Bahasa, Kepala dan Sekretaris UPT TIK, Kepala dan Sekretaris UPT PPSP, Kepala dan Sekretaris UHI, serta Kepala dan Sekretaris UUI. Selain itu hadir pula Ketua LSP, Ketua dan Anggota SPI serta Anggota Staf Ahli Direktur. Seluruh peserta terlihat antusias mengikuti kegiatan sejak dari pembukaan hingga acara ditutup secara resmi oleh Direktur.

 

Di sela-sela pelaksanaan acara, untuk meningkatkan kebugaran para peserta, panitia menyelenggarakan senam pagi. Senam dilaksanakan di hari kedua pada jam 06.00 – 07.00 pagi dengan instruktur purnawirawan dari KODAM IV/Diponegoro. [man].

Gulir ke Atas