Ayam Gepuk Pak Gembus (AGPG) menyabet penghargaan pada kategori Cabang Terbanyak di ajang Malam Juara Partner Go-Food baru-baru ini. Bertempat di ballroom Djakarta Theater Thamrin, Ayam Gepuk Pak Gembus mengalahkan dua nominator lain pada kategori yang sama yaitu Bollo Bola Ubi dan Dum Dum Thai Drinks.
Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Rido Nurul Adityawan, pendiri sekaligus owner Ayam Gepuk Pak Gembus di Jakarta, Jumat (23/2) malam. Diwawancara sesaat setelah menerima penghargaan, Rido menyebutkan bahwa jumlah cabang yang telah dibuka saat ini tidak kurang dari 640 cabang termasuk di Malaysia dan Singapura, dengan 416 cabang di antaranya berada di Jakarta. Dari sejumlah itu, terdapat 167 cabang yang telah didaftarkan sebagai partner Go-Food.
Rido menjelaskan bahwa ide mendirikan usaha ayam gepuk berawal dari kesukaannya menyantap menu makanan pedas. “Selain itu saya melihat bahwa warung-warung sambal di mana-mana selalu ramai dan laris, nggak pernah sepi,” kata pria 30 tahun yang berasal dari Magelang, Jawa Tengah ini. Meski saat itu dirinya bekerja sebagai customer service di salah satu perusahaan di Jakarta, namun keinginannya untuk membuka bisnis sendiri tak pernah surut. Akhirnya, alumni Program Studi D3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang ini pun berkreasi menciptakan menu sambal yang belum pernah ada sebelumnya.
Menemukan racikan yang cocok, Rido lalu berhenti bekerja di perusahaan dan memutuskan berwirausaha. Mulai merintis cabang pertama di daerah Srengseng Jakarta Barat pada 12 Oktober 2013, hingga 6 bulan berikutnya Rido masih berjualan sendiri. Setelah usahanya semakin ramai, Rido baru berani merekrut karyawan. Setelah itu mulai dibuka cabang-cabang lain, baik yang dimiliki sendiri maupun menggunakan sistem franchise (waralaba).
Rido, yang akhirnya memperistri salah satu pelanggannya, berharap agar usaha ini membawa berkah bukan hanya bagi diri dan keluarganya namun juga bagi mitra bisnis dan masyarakat luas pada umumnya. (man)