Politeknik Negeri Semarang (Polines) kembali menggelar kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah satu Tri Dharma perguruan tinggi. Kali ini Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Polines yang diketuai Dra. Embun Duriany S, MM menggelar kegiatan di lingkungan RW 03 Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang yang berlangsung belum lama ini.
Tim PKM Polines melakukan pendampingan pada Karang Taruna ”Setiabudi”, Sumurboto setelah sebelumnya dilakukan idenfikasi di lapangan yang merupakan kelanjutan dan rekomendasi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat tahun sebelumnya. Ketua Tim PKM Polines,
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat dari Tim Politeknik Negeri Semarang (POLINES) Dra. Embun Duriany S, MM mengatakan, tema pada pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah “Wirausaha Produk Kreatif Pom-Pom Untuk Menunjang Mewujudkan Kampung Tematik (Kampung Bisnis) pada Karang Taruna “Setiabudi” RW 03, Kelurahan Sumurboto, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang”. Berdasarkan identifikasi di lapangan, dapat dirumuskan beberapa permasalahan yang dihadapi adalah Sumber Daya Manusia (SDM) Karang Taruna yang belum maksimal melaksanakan program Pemerintah dan belum kompeten. Berupa Pemberdayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; pemanfaatan waktu dengan kegiatan produktif yang dapat memberikan dampak sosial ekonomi, keterampilan berwirausaha produk kreatif Pom-Pom, inovasi mewujudkan Kampung Tematik (Kampung Bisnis) serta memanfaatkan peluang potensi pasar yang luas. “Untuk itu dibutuhkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan melaksanakan pembekalan, penyuluhan, pelatihan, praktik dan pendampingan,” ungkap Embun.
Target Luaran kegiatan ini adalah : peningkatan kompetensi dalam memberdayakan potensi lokal dengan aktifitas kreatif dalam memanfaatkan waktu dengan kegiatan produktif yang dapat memberikan dampak sosial dan ekonomi. Selain itu peningkatan kompetensi mewujudkan Kampung Tematik (Kampung Bisnis) melalui wirausaha produk kreatif Pom-Pom yang memiliki nilai ekonomi 40% keuntungan dari harga jual. Dan target luaran yang terakhir, ungkapnya, adalah peningkatan kompetensi dalam memahami aspek nilai ekonomi, strategi pemasaran dengan memanfaatkan luasan peluang pasar.